generasi muda berintegrasi anti korupsi


 


prof dr. haryono umar SE. AK. SC. C


Secara historis, pemuda selalu memiliki peran penting bagi dinamika perjalanan bangsa Indonesia. Dimulai dari sumpah pemuda 1928, peristiwa Rengasdengklok, peristiwa Malari 1974, hingga peristiwa reformasi 1998, pemuda selalu menjadi aktor penting dalam perjalanan bangsa Indonesia.  


Perkembangan zaman membuat dinamika persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia kini berbeda, jika pada generasi pemuda terdahulu titik fokusnya dihadapkan pada persoalan memperjuangkan kemerdekaan maka generasi muda saat ini dihadapkan oleh persoalan akut mengenai maraknya korupsi yang terjadi di Indonesia. Berdasarkan data Indonesia Corruption Watch, sepanjang Januari hingga Juni 2020 terdapat 169 kasus korupsi di Indonesia.

Mengingat semakin mengkhawatirkannya kasus korupsi di Indonesia dan juga pentingnya peran pemuda di setiap lini dinamika persoalan bangsa Indonesia, Penyuluh Antikorupsi, Master Suci Raharjo mengadakan program pelatihan online pendidikan antikorupsi dengan tema “Garuda Muda Berintegritas Angkatan 1” kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak 4 x 120 menit selama satu bulan.


Kegiatan tersebut dikhususkan kepada generasi muda yang mencakup pelajar dan mahasiswa, materi yang disampaikan dibagi menjadi empat materi penting yang mencakup: Pengertian korupsi, upaya pemberantasan korupsi, jenis-jenis korupsi menurut peraturan perundang-undangan dan nilai-nilai integritas prinsip antikorupsi Dari program pelatihan tersebut, diharapkan generasi muda dapat turut andil dalam membantu mengurangi maraknya praktik korupsi yang terjadi di Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

review (SDGs)